Salam MANGROVER!  Selamat Datang  |  Masuk  |  Daftar  |  Info Mangrove?

Deskripsi Sesuvium portulacastrum

Written By KeMANGTEER on Rabu, 30 Maret 2011 | 14.40

KeSEMaTPEDIA. Menurut Noor, dkk (1999), Sesuvium portulacastrum seringkali ditemukan di sepanjang bagian tepi daratan dari mangrove, pada hamparan lumpur dan gundukan pasir, pada areal yang secara tidak teratur digenangi oleh pasang surut. Substrat tumbuh berupa pasir, lumpur dan tanah liat. Juga ditemukan di pantai berkarang, sepanjang pematang tambak dan kali pasang surut. Perbungaan terjadi sepanjang tahun. Bunga diserbuki kumbang kecil pengumpul madu serta ngengat yang terbang siang. Bijinya tidak mengapung.

Bentuk bunganya kecil, warna ungu, memiliki tangkai panjangnya 3-15 mm dan tabung panjangnya 3 mm. Letak bunganya di ketiak daun. Formasinya soliter. Daun mahkotanya ada 5 cuping, panjang 6-9 mm. Benang sarinya banyak, ada 3-4 tangkai putik.

Sedangkan bentuk buahnya berbentuk kapsul, bundar dan halus, panjang melintang kira-kira 8 mm. Terdapat beberapa biji hitam berbentuk kacang, halus dan panjangnya 1,5 mm. Untuk daunnya tebal berdaging. Unit dan letaknya sederhana dan berlawanan. Bentuknya bulat memanjang hingga lanset. Ujungnya membundar. Ukuran: 2,5-7 x 0,5-1,5 cm.

Secara umum tumbuhan ini menjalar, seringkali memiliki banyak cabang. Panjangnya hingga 1 m dengan batang berwarna merah cerah, halus dan ditumbuhi akar pada ruasnya. Penyebarannya tersebar pada jenis Pan-tropis, ditemukan di sepanjang pesisir Jawa, Madura, Sulawesi dan Sumatera. Manfaat dari tumbuhan ini adalah daunnya dapat dimakan setelah berulangkali dicuci dan dimasak. Juga digunakan sebagai makanan kambing.

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar